RESEP MASAKAN / PENGANAN KOMERING







1. TALUPTUP IWAK PATIN
Bahan : Siapko iwak patin sai balak pagalangan, tempoyak rua sinduk, bawang siau, cabi siau, bawang handak, ranggam, rik gula handak cutik..
Iwak patin gori2pai,guring setengah matang..bumbu hiris unyin, tumis bumbu kurukko tempuyak corok rik wai cutik, kurukko iwakna..angkikko rap2pi bawang guring... Kok masak!!!payu buijo mongan.

2. RESEP PINDANG PATIN - A:
Bawang merah bawang putih jahe laos kunyit tomat cabe blender sampai halus+laos n serey sedikit geprek ,daun salam garam terasi asam jawa gula ..... rebus sampai mendidih ikan patin (boleh juga utk pindang iga) ,setelah masak n sebelum diangkat masukkan potongan daun bawang, kemangi, tomat di iris jangan sampai mateng( biar masih seger) lngsung angkat, selamat mencoba.

3. PINDANG IWAK PATIN - B:
Akuk lawas balak kadimpu, lahya juksinada, kunyit kira2 balak culuk, sorai rua batang, bawang siau pitu siung, bawang handak tolu siung. kaunyin bumbu sija ti tostos, radu sina panjinko rik iwak patin, mon kok mandidih juki siabuku, mon kira2 kok masak kuruk ko bulung salam tambah bulung kumangi. mon ga sodop lagi tambah tampuyak.

4. BUBUR MOULY CEMPAKA
Bubur dibuat dari tepung beras.
Bahan2 untuk kuah... kacang merah, asam jawa, kluwek, temu kunci, jahe, cabe, bawang merah, bawang putih, seray, garam secukupnya. Jika ditambahkan gulai ikan salai (ikan asap) akan lebih nikmat lagi.

5. TUMPI
Adalah ... satu diantara sejumlah penganan khas daerah Komering Ulu. Dibuat dari pisang yang di lumatkan atau ditumbuk. Dicampur dengan tepung, gula pasir serta kelapa parut. Kemudian dibun...gkus dengan daun pisang lalu dikukus.

6. KAKUMBU
Adalah satu diantara sejumlah penganan khas daerah Komering Ulu. Dibuat dari kacang ijo yang di... rebus sampai lembut, lalu diadon merata dengan gula merah. Di campur pula terigu, di beri bentuk bulat-bulat atau gepeng. Selanjutnya dimasukkan dulu kedalam cairan tepung terigu encer setelah itu di goreng.

7. PUTORI MANDI
Adalah hidangan khas dari Cempaka OKU dan dikenal sbg eskolding (es kolak dingin), dibuat dari jenis pisang puteri, santan kelapa, gula merah, kayu manis dan daun pandan +... es batu

8. BINGKA
Mondi CP3 bingka mamis bahanna : punti, golpung, parutan nyiwi, gula siau.
Mon kok masak panas2 polesi mentega, taburko misis dan parutan keju.....siiiiiiiip...kren, bs msk htl berbintang dan sajian kenegaraan.

9. SAMALINGKUNG
Merupakan bumbu khas untuk penganan seperti ketan.
Samalingkung dibuat dari bahan-bahan sbb : kelapa parut, daging ikan, garam, laos, jahe, cabe, bawang dll. yang disangray hingga warnanya menguning. Bumbu tsb awet dan tahan disimpan cukup lama jka proses sangray benar2 kering. Rasanya ... hmmm lemak niyan.

10. SAMSAM
Kanian Bahari ... say diusung tian ombay/ akas kita anjuk misalna SAMSAM, tungguk ganta lokok pacak tihalu. Mon di tiyuh atau di Pulimbang ina mudah tihalu dipasar. Tapi mon tubuh sikor dirantau, congki langka bahkan maongka sama sekali. Tubuh mih membayangko bugawoh kanian sina dalih ngucap iluy. Biasona ombay atau indok lobu say pintor angguwai SAMSAM, tingguai tian umbauna bangit + rasana sodop bonor... citarasa yg mengundang selera, congki tanihi tubuh tumpak botoh seketika... hahaha.
Nah... mon kolpah piwari dirantau, mirotok mongan bangik biyas tahun sua SAMSAM, sija uwat rusiona.
1. Pilih iwak balag (misalna ikan mas, patin, haruan atawa bawong) = 2 Kg
2. Radu tihona-i , titoktoki, basuh rik uwai ngison (dang uwai panas)
3.Siapqo : siya buku = 1 bks, gula handak = 1 gelas, bubur atau kan atau biyas sangrai nongah pinggan.
4. Siapqo imbir bututup rik kantong palastik ukuran nongah kiluan guai pambungkusna.
5. Point 2 + point 3, tunggalqo jadi sai jaksan rokrok rik pungu tanpa sarung tangan secara merata. Wat enzim luah jak pungu kita say nonti ambantu proses fermentasi. Saholauna pungu mouli say dalam kondisi "tidak haid" supaya enzim say luah jak punguna holau krn berpengaruh thd cita rasa produk.
6. Potongan-potongan iwak kurukqo lom palastik, karuk tapi dang koncongga
7. Jamotqo kaunyinna lom imbir kira-kira 5 harani, SAMSAM matah kok jadi. Setelah 5 hr atawa saminggu dapok tialihqo guk lom kulkas. Palastik say anggalombung cucuki juga rik jarum untuk ngaluahqo gas-na.

Cara memasak samsam :
1. Siapqo humbu-humbu, bawang siau & handak, cabi, serai, minyak kaniyan.
2. Siapqo santan nyiwi 2 gelas : 1 bungkusan SAMSAM
3. Humbu-humbu titumis mona, basa umbau humbu kok luah ompai tuangqo santan jaksan tiakqo SAMSAM sanga bungkus. (Samsam makinda tibasuh, makinda tijuki siya buku lagi).
4. Basa tasakan mendidih, angkat gancang pindahqo dipinggan... siap dihidangkan dimantuha.
https://youtu.be/4ZtRqhXuya8

11. SIGADUREN
Merupakan penganan yang sangat disukai, terdiri dari ketan tanak diberi kuah dari buah durian yang matang segar.
Buah durian dipisahkan bagian biji dengan arilus-nya (daging buah). Arilus tersebut diencerkan dengan air serta ditambahkan gula pasir, beri selembar daun pandan kemudian dimasak. Setelah kuah durian mendidih... siramkan diatas ketan. Sigaduren siap dihidangkan. Rasanya manis segar ... pulen.
Dulur kita bilang : "ndok kulawi... bangek nehhan ! Tan ombai paija bolai sayangna di ompu. Basa uwat kanian cakna "satu titik dua koma... kanian cutik jama2". Jadi segalo kanian dibagikona rata di ompu sai jumlah selusin. Kadang2 mon pas kaniyan ho cutikga, di-akalina mae gonok tibagi2, misal dugan sanga bungkal mae gonok untuk 12 ompu dicampurna pai rik uwai ngison radusina ditambahi gula, ompai tibagi rata. Jadi tindakanna "sangat kreatif" dan ngonjuk jalan untuk mengatasi masalah.

12. SIROP PANDAN OMBAY
Bahan utamana bulung pandan. Radu tiborsihi dirokrok, ompai dikuruk ko lom panci. Dikulub rik wai gula, dibuhi cutik "citrun zuur". Basa kok indol ompai tiangkat, kuruk ko lom gudu. Rasana mak bida rik sei ditoko ... mamis pun !

13. KAPICUL, LOPOT, BONGKOL

Disini akan diuraikan mengenai cara membuat Kapicul,Lopot Bias Kotan (Bongkol) ala orang Cempaka OKU. Bedanya, lopot menggunakan beras ketan dan kelapa parut yang dibalut dengan daun kelapa muda untuk kemudian dikukus. Penganan khas Cempaka ini bisa juga dibuat dari beras ketan merah atau ketan putih.

Bahan Bahan :

1.      Sediakan 500 gr  beras ketan.

2.      Siapkan 1/2 butir  kelapa dan diparut.

3.      Siapkan 2 sdm garam.

4.      Siapkan 1 sdm gula pasir.

Langkah Cara Memasak :

1.      Cuci bersih beras ketan lalu rendam dalam air bersih sekitar 3 jam.

2.      Lalu campur semua bahan test rasa.

3.      Masukkan bahan kedalam janur yg telah dibelah dua lalu digulung memanjang ikat dengan tali rafia.

4.      Setelah itu kukus kurang lebih 4 jam.

5.      Tunggu hingga dingin lalu lopot pun siap disantap.

Lopot terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa muda yang diparut, kemudian dibungkus dengan daun pandang atau daun pisang atau janur kelapa, diikat menggunakan tali dari bambu, atau tali rafia atau dipasang biting dari lidi daun kelapa, kemudian dikukus sampai tanak.

Cara membuat lopot ketan yang pertama adalah merebus santan dan daun pandan serta garam halus hingga mendidih sembari diaduk-aduk. Cara membuat lopot kedua ialah masukkan beras ketan.

Lopot ketan adalah salah satu makanan atau kue tradisional khas Komering Ulu khususnya di desa Cempaka. Lopot ketan adalah salah satu makanan khas jajanan sarapan pagi dari beras ketan yang berasal dari Komering,


14. KATUPAT GULAI KAMBING

15.  TUMIS KIJING

16. TUMIS PAKU

17. SAMBAL JOK-JOK, SAMBAL BUAH (NANAS, KWINI)

18. GULAI IWAK SALAI

19. INOTUM IWAK BAWONG

20. TAMPUYAK


21. GULAI JORING


22. MANISAN / SARI BUAH
(MANGGO, NANAS, PUNTI KAYU, JAMBU, DURIAN, DLL DIGUAI MANISAN).


Manisan buah adalah buah yang diawetkan dengan gula. Tujuan pemberian gula dengan kadar yang tinggi pada manisan buah, selain untuk memberikan rasa manis, juga untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme (jamur, kapang). Dalam proses pembuatan manisan buah ini juga digunakan air garam dan air kapur untuk mempertahankan bentuk (tekstur) serta menghilangkan rasa gatal atau getir pada buah. Pembuatan manisan buah ini, merupakan usaha kerajinan yang telah banyak dilakukan orang sejak dahulu. Usaha ini memerlukan ketrampilan atau pengalaman yang khusus. Ada 2 macam bentuk olahan manisan buah, yaitu manisan basah dan manisan kering. Manisan basah diperoleh setelah penirisan buah dari larutan gula, sedangkan manisan kering diperoleh bila manisan yang pertama kali dihasilkan (manisan basah) dijemur sampai kering. Buah-buahan yang biasa digunakan untuk membuat manisan basah adalah jenis buah yang cukup keras, seperti pala, mangga, kedondong, koalng-laing, dan lain-lainnya. Sedangkan buah-buahan yang biasa digunakan untuk membuat manisan kering adalah jenis buah yang lunak seperti pepaya, sirsak, dan lain-lainnya.


BAHAN :

1. Buah setengah matang 10 kg

2. Gula pasir 5 kg + ½ kg untuk tambahan pembuatan sirup

3. Kapur sirih 1 sendok teh

4. Natrium benzoat 4 sendok teh

5. Garam dapur 15 gram

6. Panili 2 sendok 7. Air bersih

7 liter

ALAT :

1) Pisau

2) Panci

3) Saringan

4) Sendok makan

5) Sendok teh

6) Kantong plastik

7) Baskom

8) Kompor atau tungku 

CARA PEMBUATAN

1) Kupas buah kemudian iris-iris dengan ukuran ± 2 x 2 cm; Untuk buah yang keras, rebus irisan dalam air mendidih selama 3 menit lalu tiriskan.

2) Rendam dalam air panas (50 gr dalam 1 lt air) selama 2 jam lalu tiriskan;

3) Rendam lagi dalam air kapur (1 sendok makan kapur sirih dalam 1 ½ lt air) selama 24 jam, lalu tiriskan;

4) Masukkan gula pasir dalam 2 ½ lt air, aduk sampai rata. Tambahkan garam dan natrium benzoat lalu panaskan hingga mendidih;

5) Masukkan potongan buah tersebut ke dalam larutan gula yang sedang mendidih sampai buah tersebut setengah matang. Angkat panci dari tungku atau kompor dan diamkan (rendam) 1 malam, lalu tiriskan;

6) Panaskan air gula sisa penirisan dan tambahkan panili lalu masukkan lagi potongan buah tersebut. Angkat panci dari tungku atau kompor dan diamkan satu malam. Paginya tiriskan, untuk mendapatkan manisan buah; Tambahkan gula ½ kg pada air gula sisa penirisan terakhir lalu panaskan sampai kental dan dinginkan untuk dijadikan sirup.

7) Jemur manisan basah hasil penirisan hingga kering (± 3 hari), untuk mendapatkan manisan kering;


Komentar

  1. Ija holau man tiangkat lg utk dijadiko buku sanipa?; waktu sikam ngumpul dikantor RA Adipati, wat sai nampil ko sija, pocakna makmun OKU Selatan (Makmun Camat) lokok wat tambahanna. Sanipa Prabu pandai niku ngalanjut ko; api pandai di share n kirim di alamat emailku zaidanpn@yahoo.com. thank you yo

    BalasHapus
  2. Silahkan angkat jadiko buku, mae holau buku sina lengkapi foto masing-masing masakan, jd hrs praktek. Silahkan tulisan sija di-copy paste.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer